Definisi Teks Prosedur

Text Prosedur

Hasil gambar untuk Teks prosedur

Pengertian
Menurut para ahli:
  • Menurut Ismail masya "Prosedur adalah suatu rangakian tugas-tugas yang saling berhubungan hanya urutan waktu dan tatacara tertentu untuk melaksanakan pekerjaan yang dilakukan berulang-ulang."
  • Menurut Gerald Cole "Prosedur adalah suatu urutan pekerjaan yang melibatkan beberapa orang dalam suatu bagian yang disusun untik menjamin adanya perlakuan seragam terhadap transaksi perusahaan."
  • Menurut M. Ali "Prosedur adalah tatacara dalam menjalan suatu pekerjaan."
  • Menurut Narko "Prosedur adalah serangkaian teknik rutin yang di ikuti dalam melaksanakan suatu wewenang fungsi dan operational."
  • Menurut Kamaeuddin "Prosedur adalah suatu susunan teratur sebuah kegiatan yang berhubungan satu dengan yang lainnya dan prosedur-prosedur yang berkaitan memudahkan dalam melaksanakan kegiatan utama dari suatu organisasi."
  • Menurut Fauzi "Prosedur adalah urutan pekerjaan administrasi yang melibatkan beberapa orang dalam satu bagian yang disusun untuk menjamin adanya perlakuan yang seragam terhadap transaksi perusahaan yang sering terjadi."
  • Menurut Amin Widjaja "Prosedur adalah sekumpul bagian yang saling berkaitan."
  • Menurut Mulyadi "Prosedur adalah urutan kegiatan kleriekal yang biasanya melibatkan beberapa orang dalam penanganan secara seragam terhadap transaksi perusahaan yang sering terjadi dan berulang-ulang."
kesimpulan:
"Teks Prosedur adalah teks yang berisi tahap-tahap yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan"

STUKTUR TEKS PROSEDUR
  • TUJUAN
    Berisi tujuan dari penulis suatu teks prosedur yang dibuat dan berupa hasil akhir yang akan dicapai dari pembuatan teks prosedur tersebut, sehingga pembaca makin tertarik dan semakin mengerti dengan membaca teks prosedur tersebut.
  • LANGKAH-LANGKAH
    Langkah-langkah adalah cara-cara atau jalan yang harus di tempuh atau di lakukan untuk mencapai kegiatan berdasarkan teks tersebut.
  • KONJUNGSI
    Konjungsi atau kata penghubung adalah kata atau ungkapan yang menggunakan bahasa yang sederajat (kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa ,dan kalimat dengan kalimat) .
  • KETERANGAN WAKTUKeterangan waktu adalah keterangan yang memberikan atau menunjukan kapan suatu fenomena terjadi dalam suatu kalimat apapun teks.
  MACAM-MACAM
  1. Teks Prosedur sederhana adalah Suatu teks yang di buat untuk melakukan suatu kejadian hanya dengan menggunakan sedikit tahapan yang urtutannya bisa di ubah-ubah.
  2. Teks Prosedur Kompleks adalah Suatu teks prosedur yang terdiri atas banyak nya tahap atau langkah-langkah yang setiap tahapan atau langkah-langkahnya berjenjang pada sublangkah dan urutan langkah-langkahnya teratur dan tidak dapat di ubah-ubah, sehingga mudah dipahami oleh pembaca.
  3. Protokol adalah suatu prosedur yang langkah-langkahnya tidak terlalu ketat dan rumit dan mudah dipahami
 Unsur Kalimat dalam Teks Prosedur
  1. KALIMAT IMPERATIF
    adalah  kalimat yang isinya mengandung perintah (kalimat perintah)
  2. KALIMAT DEKLARATIF
    adalah kalimat
      yang isinya berfungsi untuk memberikan informasi kepada pembaca (kalimat pernyataan)
  3. KALIMAT INTROGATIFadalah Kalimat yang isinya berfungsi untuk meminta informasi tentang sesuatu (kalimat tanya) 

Yang membedakan proser sederhana dgn kompleks
Adalah banyak sedikitnya langkah-langkah dalam teks prosedur tersebut dan tingkat kerumitan dalam melakukan prosedur tersebut.
 
Share on Google Plus

About tirouti it

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 komentar:

  1. jadi gini yang saya pelajari pada teks prosedur itu tidak ada kesimpulan, nah stukturnya itu kan ada 4 bukan 3

    ReplyDelete
  2. Untuk sumbernya, judul bukunya apa ya kak?🙏

    ReplyDelete