Port Jaringan dan fungsinya

Jenis Port Jaringan Serta fungsinya


Jenis Port Pada Jaringan
Fungsi / Kegunaan
Port 21,FTP server Digunakan ketika seseorang mengakses FTP server, maka ftp client secara default akan melakukan koneksi melalui port 21.
Port 22,SSH(Secure Shell) Digunakan untuk mengaktifkan port SSH.
Port 23,Telnet Jika anda menjalankan server telnet Maka port ini digunakan client telnet untuk hubungan dengan server telnet.</ td>
Port 25,SMTP(Simple Mail Transport Protokol) Digunakan,ketika seseorang mengirim email ke server SMTP anda, maka port  yg digunakan adalah port 25.
Port 37 Layanan Waktu port built-in digunakan untuk layanan waktu.
Port 53,DNSatau Domain Name Server port. Name Server menggunakan port ini, dan menjawab pertanyaan yang terkait d engan penerjamahan nama domain ke IP Address.
Port 67 (UDP),BOOTP atau DHCP port (server). Digunakan kebutuhan akan Dynamic Addressingdilakukan melalui port ini.
Port 68(UDP),BOOTP atau DHCP Port yang digunakan oleh client.
Port 79,Port Finger Digunakan untuk memberikan informasi tentang sistem, dan login pengguna.
Port 80,Web Server Port ini biasanya digunakan untuk web server, jadi ketika user mengetikan alamat IP atau hostname di web broeser maka web browser akan melihat IP tsb pada port 80.
Port 81,Web Server Alternatif Digunakan,ketika port 80 diblok maka port 81 akan digunakan sebagai port  altenatif hosting website.
Port 110,POP Server Port ini digunakan sebagai protokol untuk mengakses mail box.
Port 111,sunrpc (Sun Remote Procedure Call) atau portmapper po rt Digunakan oleh NFS (Network File System), NIS (Network Information Service),  dan berbagai layanan terkait.
Port 113,identd atau auth port server. Kadang-kadang digunakan diperlukan, oleh beberapa layanan bentuk lama (seperti SMTP dan IRC) untuk melakukan validasi koneksi.
Port 123,Network Rime Protocol (NTP) Port ini digunakan untuk sinkronisasi dengan server waktu dimana tingkat akurasi yang tinggi diperlukan
Port 143, IMAP (Interim Mail Access Protocol) Merupakan aplikasi yang memungkinkan kita membaca e-mail yang berada di server dari komputer di rumah / kantor kita.
Port 161,SNMP(Simple Network Management Protocol). Lebih umum digunakan di router dan switch untuk memantau statistik dan t anda-tanda vital (keperluan monitoring).
Port 2525,,SMTP Alternate Server Port 2525 adalah port alternatifi aktif dari TZO untuk menservice forwar ding email. Port ini bukan standard port, namun dapat digunakan apabila port  smtp terkena blok.
Port 445,SMB over IP Biasanya port ini digunakan sebagai port file sharing termasuk printer s haring, port inin mudah dimasukin virus atau worm dan sebangsanya.
Port 10000,Webmin port yang digunakan oleh webmin dalam layanan pengelolaan berbasis web.
Share on Google Plus

About tirouti it

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment