Lab 1.4 Standard Access List

Apa kabar semua Kali ini saya akan memberi tahu kalian bagai mana cara menggconfigurasi "Stanadrd Access List pada router" dengan menggunakan Aplikasi CISCO PAKET TREASER..

Standard access list ini adalah suatu configurasi untuk memblock salah satu atau suatu client agar tidak dapat mengakses Server kita.. Pada Standard ACL ini Client tidak dapat mengakses sama sekali Server seperti PING maupun Web..

Ya langsung saja ini adlah contoh topologi nya...

Dalam kesepatan kali ini saya akan langsung melakukan konfigurasinya saja,, untuk konfigurasi IP address, hostname, dan juga EIGRP bisa kalian cek link di bawah ini:
Cara mengatur IP address pada router di CPT

Cara mengganti HOstname di router pada CPT

Cara konfigurasi EIGRP

TES PING
Setelah kalian mengkonfigurasi semua, pertama-tama kita akan melakukan tes ping dari pc ke server apakah sudah saling terhubung

PC 1 ke SERVER

PC 2 ke SERVER

Konfigurasi Access-list 
Dalam konfigurasi access-list saya menggunakan 2 access-list..
#PENJELASAN
- access-list 1 deny = (angka 1) itu adalah nomer pada standard access list yang bisa berlaku dari angka 1-100.. (deny) adalah sebuah sintak yang berarti perintah tidak memperbolehkan sebuah paket lewat dari jalur ter tentu

-access-list 1 permit any = (permit) pertintah untuk memperbolehkan sebuah pengaksesan tertentu, (any) yang berarti semua jadi memperbolehkan semua boleh mengakses

Pengaktifan Access list
pada port 0/0 adalah server 1, nah pada server 1 saya akan melakukan pengaktifan access list 1
pada port 0/1 adalah server 2, nah pada server 2 saya akan melakukan pengaktifan access list 2

Pada konfigurasi ip access-group 1 out, destination nya adalah"out" kenapa saya menggunakan out karena interfaces / port yang saya akan aktifkan access list berdekatan langsug dengan server, jika kita akan mengaktifkan access-list pada kedua server maka kia akan menggunakan destination "in"

Pengecekan
untuk melakukan pengecekan kita bisa menginput sintak "sh access-lists"

Melakukan pengujian

PC  1
Pada PC 1 saya mengatur agar tidak bisa mengakses server 1 tetapi bisa mengakses server 2,,
maka dari itu ketika kta melakukan PING pada ip server 1 akan terjadi host unreachable , tetapi pada PING ke server 2 akan terjadi replay

Jika kita melakukan pengecekan lagi maka aka terjadi sebuah perubahan,,
Kenapa di situ tertera 4 match itu berarti terdapat 4 buah paket yang ter deny dan permit yaitu ketika tadi, pada saat melakukan PING terdapat 4 paket yang dikirim pada saat setiap satu kali PING untuk yang unreachable maka akan masuk ke deny, dan yang replay akan masuk ke permit

PC 2
Pada PC 2 saya mengatur agar tidak bisa mengakses server 2 tetapi bisa mengakses server 1,,
maka dari itu ketika kta melakukan PING pada ip server 1 akan terjadi replay , tetapi pada PING ke server 2 akan terjadi host unrechable


Jika kita melakukan pengecekan lagi maka aka terjadi sebuah perubahan,,
Kenapa di situ tertera 4 match itu berarti terdapat 4 buah paket yang ter deny dan permit yaitu ketika tadi, pada saat melakukan PING terdapat 4 paket yang dikirim pada saat setiap satu kali PING untuk yang unreachable maka akan masuk ke deny, dan yang replay akan masuk ke permit



Oke configurasi ini selesai dan berhasil..
apa bila terjadi kesalahan saya minta maaf karena saya juga masih belajar..

SEKIAN dan TERIMA KASIH atas kunjungan nya

SEMOGA BERMANFAAT ^.^
Share on Google Plus

About tirouti it

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar: