8.7 Basic Authentication Web Server Apache (Centos 7)


KONFIGURASI

Buat file konfigurasi auth_basic

pertama kita buat dulu file konfigurasi untuk user authenticationya , disini saya membuat nya pada direktori /etc/httpd/conf.d/ dan filenya bernama auth_basic.conf. Caranya adalah dengan mengetikkan perintah sebagai berikut :
nano /etc/httpd/conf.d/auth_basic.conf

Buat user dan password auth_basic 
Langkah selanjutnya adalah membuat user dan password untuk auth_basic , user ini hanya digunakan untuk authentication pada web , jadi user ini tidak termasuk user dari si server. cara membuatnya adalah dengan mengetikkan perintah sebagai berikut :
htpasswd -c /etc/httpd/conf/.htpasswd nama_user
kemudian akan dimintai password , isikan passwordnya minimal 4 karakter

Edit file html
Langkah selanjutnya adalah mengedit file htmlnya , disini source dari html saya ada di direktori /var/www/habibi.net/public_html dengan nama file index.html .jadi beginilah commandnya :
nano /var/www/(nama domain)/public_html/index.html


Edit dan sesuaikan dengan kebutuhan agan , jika sudah jangan lupa save dan close file konfigurasinya.

 setelah itu restart httpdnya dengan cara mengetikkan command
systemctl restart httpd

VERIFIKASI
Buka lah browser kalian dan ketikan www.(nama domain)
Maka akan muncul pop up, yang berisikan permintaan semacam login, dan login lah dengan user name yang telah dibuat dan passwordnya itu yang telah dibuat di htpasswd

Maka akan masuk, dan untuk pop up login itu hanya sekali, mau kalian clear history pun tidak akan bisa karena ia membaca mac address device yang mengakses nya

SEKIAN DARI TIROUTI IT ,. SEMOGA BERMANFAAT ^.^
Share on Google Plus

About tirouti it

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment