8.9 Konfiguarasi Mod Proxy dan Forward path web server (Centos7)


Pada lab ini saya akan mengguanakan 2 server dan 1 client, jadi cara kerja nya itu salah satu dari server saya yang bernama server control sebagai penyedia dari sebuah web, dan server yang satu lagi bernama server web1 sebagai isi dari sebuah web

KONFIGURASI SERVER CONTROL
Inilah ip address pada server control

Edit file forward dan reverse
Pada server control , kita harus mengedit file forward dan reverse nya untuk menambahkan sub domain pada domain kita , disini saya menamai sub domain saya sebagai web1. Untuk mengeditnya , gunakan text editor , disini saya menggunakan nano... Oke langsung saja berikut tampilannya pada file forward dan reverse saya :
nano /var/named/nama_file_forward
nano /var/named/nama_file_reverse

Restart named
Setelah kedua file itu diedit , save dan close file konfigurasinya. Setelah itu restart service namednya , caranya ketikkan perintah :
systemctl restart named

Setelah itu coba agan lakukan test ping pada server control ke sub domain yang kalian buat sebelumnya ..

Enable Mod Proxy
Langkah selanjutnya adalah enable mod proxy menggunakan proxy reverse, reverse akan memforward ke server backed. Cek dulu apakah modules mod proxy sudah ada atau belum dengan menggunakan perintah :
grep "mod_proxy" /etc/httpd/conf.modules.d/00-proxy.conf

Buat file konfigurasi mod proxy
Selanjutnya kita akan membuat file konfigurasi mod proxy untuk mengarahkan ke server backend dan mengaktifkan mod proxy nya. Buat file, namanya terserah kalian tapi untuk format filenya harus .conf, karena file konfigurasi akan aktif jika format filenya .conf , disini saya membuatnya pada direktori /etc/httpd/conf.d dengan file bernama r_proxy.conf . oke langsung saja berikut perintah untuk membuatnya :
nano /etc/httpd/conf.d/r_proxy.conf

Isikan syntax pada file kosong tersebut seperti pada gambar diatas .. setelah itu save dan close file konfigurasinya. Lalu lakukan restart pada service httpd nya , caranya dengan menggunakan perintah :
systemctl restart httpd


SERVER WEB 1
Ini lah Ip address dari server web1

Nah untuk DNS Server nya masih menggunakan ip server control ya, untuk memastikan coba lah kalian lakukan test ping pada www.(domain_kalian)

Buat file konfigurasi HTML
Pertama, pastikan di server backend agan sudah konfigurasi httpd. Selanjutnya untuk mengisi tampilan web dari server backend, di server backend isi script htmlnya di direktori  /var/www/html. nama filenya juga harus index.html . Oke berikut ini adalah perintah untuk membuat filenya :
nano /var/www/html/index.html

Restart Httpd
Lakukan lah restart pada httpd agar semua konfigurasi tertrapkan

VERIFIKASI
Untuk pembuktian ini, buka lah browser kalian dan ketikan www.(domain_kalian)


SEKIAN DARI TIROUTI ,. SEMOGA BERMANFAAT ^.^
Share on Google Plus

About tirouti it

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment